Kamis, 15 Maret 2012

Permen Jahe Populer Di Eropa

Berita Aneh - Siapa yang tahu harga permen jahe saat ini? Maklum, semakin jarang dijual di warung-warung sekitar kita. Permen jahe biasanya diproduksi oleh industri rumahan, jadi kalah bersaing dengan permen lain hasil pabrik. Siapa sangka, permen ini ternyata sudah ratusan tahun terkenal di Eropa. Setidaknya begitulah yang tertuang dalam tulisan John Joseph Stockdale dalam bukunya Island of Java.


Petualang asal Inggris ini menyatakan dalam bukunya, Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram produk yang disebut dengan candied ginger dari Batavia ke Eropa pada tahun 1778. Melihat jumlahnya, sangatlah besar untuk ukuran pada masa itu.

Penganan ini digemari oleh masyarakat Eropa karena dirasakan pas untuk kondisi alam mereka yang dingin.



Selain itu, penganan tradisional ini juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan badan, menyegarkan tenggorakan dan menyembuhkan kembung dan menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokon.


Hebatnya lagi, permen jahe juga terpilih sebagai salah satu permen khas Indonesia yang tak kalah terkenal dibanding dengan Nougat (Perancis) atau Gummy Bear (Jerman).

10 Koki Terkaya Di Dunia

Berita Aneh - Belakangan ini, tayangan masak-memasak yang dipandu oleh koki-koki terkenal menjadi begitu digemari. Selain karena banyak orang mencoba mencari alternative makanan sehat, banyak juga yang mulai melirik profesi menjadi seorang koki atau sebutan kerennya, chef.

Sudah tidak asing lagi bahwa profesi koki atau chef saat ini begitu menjanjikan. Banyak para koki yang menjadi selebrity karena tayangan televisi mereka menjadi hit, namun tidak jarang yang sukses karena resep dan masakannya yang sangat memanjakan lidah.

Majalah Forbes telah mendaftar 10 koki paling kaya di dunia, di urutan pertama muncul nama Rachel Ray. Wanita yang memiliki 4 program masak-memasak di beberapa televisi ini memiliki penghasilan 18 juta dolar.
Rachel Ray

Di belakang nama Rachel Ray, ada seorang koki pria bernama Wolfgang Puck dengan penghasilan 16 juta dolar pertahun. Koki kelahiran Austria ini memasuki dunia koki selebrity dari the ritzy Los Angeles Restourant di tahun 1982.
Wolfgang Puck

Urutan selengkapnya dari para koki miliarder tersebut adalah berikut:

3. Gordon Ramsay
Penghasilan 7,5 juta dolar per tahun. Koki asal Inggris ini memiliki restoran sendiri yang berada di London, New York dan Dubai.

4. Nobuyuki Matsuhisa
Penghasilan 5 juta dolar per tahun. Koki dengan spesialisasi shusi ini memulai karirnya sebagai pemotong ikan di Tokyo, Peru, Argentina dan Alaska. Sekarang Nobuyuki menjadi rekanan atas kepemilikan 17 restoran Nobu di seluruh dunia.

5. Alain Ducasse
Koki asal Perancis ini adalah pemilik kerajaan resto, dengan 22 restoran yang membentang dari Tokyo hingga Paris. Berdasarkan catatan Majalah Forbes, Ducasse memiliki penghasilan 5 juta dollar per tahunnya.

6. Paula Deen
Ratu makanan dari daerah Selatan Amerika ini menangani 2 acara masak memasak dengan penuh keibuan. Penonton setianya terus bertambah hari demi hari, tidak hanya itu, buku resepnya, memoir dan juga majalahnya, semuanya masuk dalam deretan best seller.

7. Mario Batali
Pria ini drop out dari sekolah kuliner. Namun Batali tidak menyerah begitu saja, ia kini dikenal sebagai master makanan Italia dan memiliki 13 retoran di New York, Los Angeles dan Las Vesgas. Penghasilannya pertahun mencapai 3 juta dolar Amerika.

8. Tom Colicchio
Memiliki penghasilan 2 juta dolar per tahun. Dirinya belajar memasak secara otodidak dengan membaca buku. Kini Colicchio memiliki 3 restoran terkenal di New York, Los Angeles dan Dallas, ditambah lagi tiga steak houses. Dia juga menjadi juri dalam acara kompetisi memasak Bravo’s Top Chef.

9. Bobby Flay
Koki dengan paras menawan ini memilik banyak penggemar wanita. Penghasilannya mencapai 1,5 juta dolar pertahun dengan menjadi host acara Trowdown!, Boy Meets Grill dan The Next foof Network Star, selain itu Flay juga pemilik jaringan restoran yang berada dari kepulauan Bahama hingga Las Vegas.

10. Anthony Boudain
Pemilik acara No Reservation ini mencuat setelah ia melakukan eksplorasi terhadap makanan ekstrim seperti dubur warthog panggang. Selain itu penghasilannya juga bertambah dari dari buku-buku karyanya seperti 2000 book, dan Kitchen Confidential yang menjadi best seller dalam waktu singkat.

Dari kisah-kisah para koki yang sukses di atas, kita bisa belajar bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan kecintaan atas apa yang dilakukannya. Selain itu, jangan cepat menyerah ketika menghadapi tantangan, buktinya mereka ada yang drop out dari sekolah kuliner atau meniti karir secara otodidak. Jika mereka bisa berhasil, Anda pun juga.

10 Raja Dengan Perilaku Menyimpang

Berita Aneh - Tidak seperti masa lalu, sekarang kita memiliki kesempatan untuk memilih gubernur kita sendiri. Kita mengikuti kampanye saat mereka menunjukkan bagaimana bijaksananya mereka. Karena yang paling bijkasana yang akan jadi pilihan kita. Di pemerintahan monarki orang tidak bisa memilih, siapapun yang lahir dari keluarga kerajaan bisa menjadi raja berikutnya. Terkadang raja yang terpilih merupakan seorang yang pintar, namun terkadang juga seorang raja yang gila/aneh. Berikut daftar 10 raja-raja yang aneh:

1. Justin II
blog-apa-aja.blogspot.com
Justin II adalah keponakan dari Justinian I. Justin II terkenal karena takhta berodanya dan gigitannya yang menyakiti semua orang di istana. Pada hari-hari terakhir sebagai Kaisar, dia memerintahkan kelompok musik untuk bermain sepanjang waktu untuk menenangkan pikirannya.

2. Ibrahim I
blog-apa-aja.blogspot.com
Ibrahim I adalah Sultan di Kekaisaran Ottoman yang hanya berkuasa 8 tahun [1640-1648]. Tapi, berkuasa sebentar bukan berarti tak punya waktu untuk memupuk popularitas. Ibrahim I mampu membuat dirinya terkenal berkat obsesinya pada wanita gembrot. Ia kerap memerintahkan orang-orangnya untuk mencari wanita paling gemuk di dunia. Dan yang paling dicintainya adalah seorang wanita yang memiliki berat sekitar £330. Ia memanggil wanita itu dengan panggilan sayang "Sepotong Gula." Saking cintanya, ia memberi wanita itu pension pemerintah dan menjulukinya Gubernur Jenderal Damaskus.

3. Nebukadnezar
blog-apa-aja.blogspot.com
Nebukadnezar, raja Babilonia [605 SM-582 SM] ini dikenal karena karya monumentalnya: Taman Gantung Babilonia. Tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ia pernah di padang gurun selama beberapa tahun. Menurut legenda, setelah bertahun-tahun mengkonstruksi Taman Gantung Babilonia, ia merasa tersanjung oleh Tuhan sehingga ia menghabiskan 7 tahun tinggal di alam bebas. Ia membayangkan dirinya sebagai seekor kambing, makan rumput bersama sapi. Setelah akal warasnya pulih, ia pun kembali ke istana.

4. Ludwig II dari Bavaria
blog-apa-aja.blogspot.com
Ludwig II menguasai Bavaria mulai 1845 hingga 1886. Ia terkenal karena gayanya yang eksentrik dalam mengatur pemerintahan dan animonya pada seni. Ia dikabarkan menderita penyakit mental, tetapi itu tidak pernah terbukti. Namun, ia pernah berkata pada dirinya sendiri: "Aku ingin tetap menjadi teka-teki yang kekal bagi diriku sendiri dan orang lain." Dan kematiannya pun menyisakan misteri, sementara obsesinya untuk membangun istana fantasi nan mahal tidak terwujud. Ironisnya, kastil-kastilnya saat ini menjadi objek wisata yang menguntungkan.

5. Caligula
blog-apa-aja.blogspot.com
2 tahun pertama dalam pemerintahannya, Caligula dikenal sebagai kaisar moderat. Tapi, ia kemudian gila. Ia kejam, menyukai penyimpangan seksual, boros, bermewah-mewah dan tiran. Bahkan, ia berani mengklaim dirinya sebagai Tuhan. Ia mulai tampil dengan pakaian seperti dewa dan memperkenalkan dirinya sebagai Jupiter dalam acara-acara publik atau ketika ia menandatangani dokumen. Akhirnya, ia menghapus dewa-dewa kepercayaan Romawi dan menetapkan dirinya sebagai tuhan yang hidup secara fisik.

6. Charlotte dari Belgia
blog-apa-aja.blogspot.com
Charlotte adalah permaisuri Kaisar Maximilian I [Meksiko]. Mereka tinggal bersama di Meksiko. Ketika Charlotte harus kembali ke Eropa untuk berbicara dengan Paus, kegilaannya mulai tampak. Pertama, dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada suaminya yang berada di medan perang, ia menggambarkan Napoleon III [Perancis] sebagai orang yang kerasukan setan. Lalu, selama kunjungan dari Vatikan, suatu pagi ia menghambur ke kediaman Paus dan berteriak bahwa stafnya mencoba meracuni dirinya. Setelah itu ia memasukkan jarinya ke dalam secangkir susu coklat dan menjilatnya. Dan tidak cuma itu. Ia menolak tawaran tidur di kamar Vatikan dan memilih tidur di perpustakaan. Keesokan harinya ia mengunjungi sebuah panti asuhan dengan sapu tangan di wajah, membakar tangannya, dan menunjukkan ayam-ayam di kamarnya yang terikat pada meja.

7. Joanna dari Kastilia
blog-apa-aja.blogspot.com
Joanna atau lebih dikenal sebagai Juana la Loca (Joanna yang Gila) adalah ratu yang menggantikan tahta almarhum suaminya, Philipe. Dia sangat mencintai suaminya. Saat suaminya meninggal, kesehatan mentalnya menurun. Dia selalu membuka peti mati suaminya. Merangkul dan menciuminya. Ketika ia harus pindah dari istana Burgos karena epidemi, dia membawa serta peti mati suaminya.

8. Robert III dari Skotlandia
blog-apa-aja.blogspot.com
Raja Robert III dari Skotlandia amat mengkhawatirkan masa depan kerajaannya karena karakter nenek moyangnya. Anaknya, David, bersemangat tinggi tapi manja. Robert memberi nama anaknya Robert Duke of Rothesay dan memberinya otoritas kerajaan, sambil berharap sikap sang anak akan berubah. Tapi tingkah sang anak justru kian menjadi. Ia meninggalkan tunangannya dan menjadikan Robert dari Fife sebagai musuh. Robert dari Fife kemudian berhasil membujuk Robert III untuk menangkap anaknya sendiri. David dipenjarakan di tempat pamannya, Falkland Palace. Di sana David meninggal. Robert III yang ditinggal David kemudian juga mengkhawatirkan masa depan anaknya yang lain, James. Ia akhirnya mengirimkan anak laki-laki berusia 11 tahun itu ke sebuah pulau berbatu untuk menunggu kapal yang akan membawanya ke Prancis. James selanjutnya menjadi sandera Inggris. Robert III depresi, menolak makanan dan meninggal beberapa hari kemudian.

9. Murad IV dari Turki
blog-apa-aja.blogspot.com
Murad IV terkenal karena kekejamannya. Konon, ia telah memenggal 25.000 kepala manusia selama masa pemerintahannya. Ia menerapkan larangan merokok, minum alkohol dan kopi di seluruh kekaisaran. Jika seseorang tertangkap melanggar aturan, ia akan kehilangan kepalanya. Musisinya juga dibunuh hanya karena memainkan lagu Persia. Selain suka membunuh, ia juga terkenal karena dirinya seorang homoseksual dan pembenci perempuan. Hingga akhir hidupnya ia tetap menunjukkan kebenciannya pada perempuan. Suatu hari, ketika ia bertemu dengan sekelompok gadis yang menyanyi di padang rumput, ia memerintahkan prajuritnya untuk menyeret mereka karena mereka dianggap mengganggu ketenangannya.

10. Alfonso VI dari Portugal
blog-apa-aja.blogspot.com
Dipercaya bahwa Alfonso VI cacat mental. Gaya berpakaiannya amat nyeleneh. Ia memakai 6 atau 7 mantel sekaligus, menumpukkan 3 atau 4 topi di kepalanya. Di samping itu, ia pemuja pesta liar dan menggunakan otoritas kerajaan untuk bercinta dengan para biarawati. Ia tidak ingin repot-repot pergi ke gereja, jadi ia meminta imam untuk melakukan misa di kamar tidurnya. Kemudian ia menikah, tetapi ia mengabaikan istrinya. Istri yang kemudian mencopotnya dari tahta kerajaan

Nugget Ini Terjual Rp 73 Juta

Berita Aneh - Sebuah Chicken Nugget yang mirip dengan presiden pertama Amerika Serikat (AS) George Washington, berhasil terjual dengan harga lebih dari 5.000 dolar di situs eBay, dan mungkin saat ini menjadi pemegang rekor nugget termahal yang pernah dijual.

Bahkan, snack goreng ini berhasil menarik 71 tawaran di situs lelang internet tersebut sebelum akhirnya terjual sebesar 8.100 dolar (Rp 74 juta).
Sang pemilik, yakni Ribka Speight dari Dakota, Nebraska, telah menyimpan nugget tersebut didalam freezer selama tiga tahun sejak menemukannya saat keluargannya mengunjungi McDonalds.

“Saat saya membersihkan meja, saya melihat satu nugget dan mulai tertawa Aku mengambilnya untuk melihat lebih dekat,. Dan nugget itu dalam bentuk Presiden George Washington.” tulis Ribka pada postingnya di eBay.
“Saya memutuskan untuk membawanya pulang dan menunjukkan penemuan ini kepada suami saya,” tambahnya.

Ribka selanjutnya mengatakan bahwa setelah semua kegembiraan yang ia dapatkan, sekarang ia melelang nugget tersebut untuk mengumpulkan dana bagi kamp musim panas Gereja di Sioux, Iowa.

“Anda tidak hanya akan memiliki kesempatan untuk menjadi pemilik baru penemuan langka ini, tetapi Anda akan berinvestasi dalam kehidupan anak-anak.” tulisnya kepada para pembeli.

Iklan itu kemudian diakhiri dengan peringatan “Harap dicatat:. “Chicken McNugget Presiden George Washington” dibekukan tapi tidak dijual untuk konsumsi manusia”
Namun rupanya hal tersebut tidak menghentikan seorang penawar potensial untuk bertanya: “Apakah Chicken Nugget ini dilengkapi dengan saus?”

Fakta Tentang Suku Maya

Berita Aneh - Bangsa Maya, sebagai peradaban mesoamerika memiliki kemajuan budaya yang signifikan. Arsitektur, seni, hingga astronomi telah dikuasai sejak peradaban awal. Nama suku ini kembali populer saat ramalan tentang kiamat dihubungkan dengan perhitungan kalender Maya. Meskipun ternyata banyak terdapat miskonsep soal pemahaman tersebut.

Beberapa fakta di bawah ini menjelaskan tentang bangsa dengan peradaban super hebat di masa lampau tersebut.

Bangsa Maya belum punah


Banyak orang menganggap bangsa Maya tinggal cerita sejarah. Kenyataannya, ada lebih dari tujuh juta keturunan bangsa Maya tinggal di daerah rumah mereka, banyak di antaranya telah berhasil mempertahankan sisa-sisa besar warisan kuno budaya mereka. Bahkan beberapa tetap berbicara satu sama lain dengan bahasa Maya.
Populasi terbesar mereka saat ini menghuni negara bagian Meksiko, Yucat√°n, Campeche, Quintana Roo, Tabasco dan Chiapas, dan di negara-negara Amerika Tengah Belize, Guatemala, dan bagian barat Honduras dan El Salvador.
Pengobatan


Cara pengobatan bangsa Maya kuno memiliki campuran yang kompleks antara pikiran, tubuh, agama, ritual, dan sains. Tabib atau dukun bangsa Maya kuno bertindak sebagai media antara dunia kasat mata dan dunia roh.
Namun, dukun juga memiliki pengetahuan medis dalam proses pengobatan, jadi bukan perkara mistis belaka. Sebagai contoh: luka dijahit dengan rambut manusia, membuat protesa gigi dari batu giok dan lain sebagainya.

Pengorbanan dengan darah

Pernah menonton film Apocalypto yang bercerita tentang sepak terjang Jaguar Paw menghabisi para pemburunya? Pada satu adegan terlihat upacara pengorbanan manusia untuk dewa mereka. Faktanya, ritual ini masih dilakukan saat ini. Walaupun darah manusia telah diganti dengan darah ayam.

Obat bius


Bangsa Maya kerap menggunakan tumbuhan yang membangkitkan halusinasi sebagai bagian dari ritual mereka. Tanaman seperti peyote, the morning glory, mushrooms hingga tembakau dipakai agar lebih mudah terhubungan dengan dunia roh sekaligus pereda rasa sakit.

Keruntuhan Maya


Secara fisik, Kota pulau Tayasal adalah kerajaan Maya terakhir yang tetap merdeka saat wilayah lain sudah dikuasai Spanyol sejak kedatangannya di abad 16. Hingga akhirnya Kerajaan Itza diserahkan pada kekuasaan Spanyol tanggal 13 Maret 1697.
Situs arkeologi terkenal yang bisa dikunjungi adalah Chichen Itza. Menariknya, sebagian besar tanah di tempat tersebut dimiliki oleh satu keluarga, sementara pemerintah memiliki dan mengelola monumen di atasnya.