Lewat Dekat Bumi, Asteroid Apophis Bisa Dilihat "Online"

Asteroid Apophis memang tak mungkin diamati secara langsung dari Indonesia. Asteroid ini tak melintas di atas wilayah Indonesia dan kecerlangannya pun redup, magnitudnya cuma 19,2. Meski demikian, terima kasih kepada teknologi. Manusia masih bisa melihatnya secara online.

Berdasarkan keterangan resmi dari situs Slooh.com, situs tersebut akan menyiarkan secara langsung peristiwa lewatnya Apophis. Warga Indonesia bisa melihat Apophis melintas di jarak "hanya" 14,5 juta km dari permukaan Bumi lewat PC ataupun perangkat mobile Android.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2013), mengatakan bahwa titik terdekat asteroid Apophis dengan Bumi akan dicapai pada Kamis (10/1/2013) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itulah, tayangan langsung Slooh mulai bisa dilihat.

Apa istimewanya asteroid ini? Ditemukan tahun 2004, asteroid ini pernah diperkirakan akan menumbuk Bumi. Prediksi pertama, tumbukan akan terjadi pada tahun 2029, sementara prediksi kedua pada tahun 2036.

Kini, kedua prediksi tersebut bisa dibilang gugur. Tumbukan tahun 2036, misalnya, diperkirakan akan terjadi pada 13 April di tahun tersebut dengan peluang 1 : 45.000. Kini, peluang direvisi menjadi 1 : 250.000. Dengan demikian, peluang tumbukan hampir nol.

Jika tumbukan sampai terjadi, maka ledakan setara 100.000 kali bom Hiroshima akan merusak sebagian Bumi. Dengan prediksi yang hampir nol, manusia tak perlu khawatir bahwa asteroid ini akan menyebabkan kepunahan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori News And Fact dengan judul Lewat Dekat Bumi, Asteroid Apophis Bisa Dilihat "Online". Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://juriseo.blogspot.com/2013/01/lewat-dekat-bumi-asteroid-apophis-bisa.html.
Ditulis oleh: Juri Seo

Belum ada komentar untuk "Lewat Dekat Bumi, Asteroid Apophis Bisa Dilihat "Online""

Posting Komentar