Senin, 14 Januari 2013

Misteri Deja Vu (Kejadian Yang Berulang)


Hampir semua dari kita pernah mengalami apa yang dinamakan deja vu: sebuah perasaan aneh yang mengatakan bahwa peristiwa baru yang sedang kita rasakan sebenarnya pernah kita alami jauh sebelumnya. Peristiwa ini bisa berupa sebuah tempat baru yang sedang dikunjungi, percakapan yang sedang dilakukan, atau sebuah acara TV yang sedang ditonton.

Lebih anehnya lagi, kita juga seringkali tidak mampu untuk dapat benar-benar mengingat kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang kita tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita tidak merasa asing dengan peristiwa baru itu.

Keanehan fenomena deja vu ini kemudian melahirkan beberapa teori metafisis yang mencoba menjelaskan sebab musababnya. Salah satunya adalah teori yang mengatakan bahwa deja vu sebenarnya berasal dari kejadian serupa yang pernah dialami oleh jiwa kita dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau. Bagaimana penjelasan ilmu psikologi sendiri?

Terkait dengan Umur dan Penyakit Degeneratif

Pada awalnya, beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.

Selain itu, sebelumnya Chris Moulin dari University of Leeds, Inggris, telah menemukan pula penderita deja vu kronis: orang-orang yang sering dapat menjelaskan secara rinci peristiwa-peristiwa yang tidak pernah terjadi. Mereka merasa tidak perlu menonton TV karena merasa telah menonton acara TV tersebut sebelumnya (padahal belum), dan mereka bahkan merasa tidak perlu pergi ke dokter untuk mengobati ‘penyakit’nya karena mereka merasa sudah pergi ke dokter dan dapat menceritakan hal-hal rinci selama kunjungannya! Alih-alih kesalahan persepsi atau delusi, para peneliti mulai melihat sebab musabab deja vu ke dalam otak dan ingatan kita.

Baru-baru ini, sebuah eksperimen pada tikus mungkin dapat memberi pencerahan baru mengenai asal-usul deja vu yang sebenarnya. Susumu Tonegawa, seorang neuroscientist MIT, membiakkan sejumlah tikus yang tidak memiliki dentate gyrus, sebuah bagian kecil dari hippocampus, yang berfungsi normal. Bagian ini sebelumnya diketahui terkait dengan ingatan episodik, yaitu ingatan mengenai pengalaman pribadi kita. Ketika menjumpai sebuah situasi, dentate gyrus akan mencatat tanda-tanda visual, audio, bau, waktu, dan tanda-tanda lainnya dari panca indra untuk dicocokkan dengan ingatan episodik kita. Jika tidak ada yang cocok, situasi ini akan ‘didaftarkan’ sebagai pengalaman baru dan dicatat untuk pembandingan di masa depan.

Menurut Tonegawa, tikus normal mempunyai kemampuan yang sama seperti manusia dalam mencocokkan persamaan dan perbedaan antara beberapa situasi. Namun, seperti yang telah diduga, tikus-tikus yang dentate gyrus-nya tidak berfungsi normal kemudian mengalami kesulitan dalam membedakan dua situasi yang serupa tapi tak sama. Hal ini, tambahnya, dapat menjelaskan mengapa pengalaman akan deja vu meningkat seiring bertambahnya usia atau munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti Alzheimer: kehilangan atau rusaknya sel-sel pada dentate gyrus akibat kedua hal tersebut membuat kita sulit menentukan apakah sesuatu ‘baru’ atau ‘lama’.

Menciptakan ‘Deja Vu’ dalam Laboratorium

Salah satu hal yang menyulitkan para peneliti dalam mengungkap misteri deja vu adalah kemunculan alamiahnya yang spontan dan tidak dapat diperkirakan. Seorang peneliti tidak dapat begitu saja meminta partisipan untuk datang dan ‘menyuruh’ mereka mengalami deja vu dalam kondisi lab yang steril. Deja vu pada umumnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, di mana tidak mungkin bagi peneliti untuk terus-menerus menghubungkan partisipan dengan alat pemindai otak yang besar dan berat. Selain itu, jarangnya deja vu terjadi membuat mengikuti partisipan kemana-mana setiap saat bukanlah hal yang efisien dan efektif untuk dilakukan. Namun beberapa peneliti telah berhasil mensimulasikan keadaan yang mirip deja vu.

Seperti yang dilaporkan LiveScience, Kenneth Peller dari Northwestern University menemukan cara yang sederhana untuk membuat seseorang memiliki ‘ingatan palsu’. Para partisipan diperlihatkan sebuah gambar, namun mereka diminta untuk membayangkan sebuah gambar yang lain sama sekali dalam benak mereka. Setelah dilakukan beberapa kali, para partisipan ini kemudian diminta untuk memilih apakah suatu gambar tertentu benar-benar mereka lihat atau hanya dibayangkan. Ternyata gambar-gambar yang hanya dibayangkan partisipan seringkali diklaim benar-benar mereka lihat. Karena itu, deja vu mungkin terjadi ketika secara kebetulan sebuah peristiwa yang dialami seseorang serupa atau mirip dengan gambaran yang pernah dibayangkan.

LiveScience juga melaporkan percobaan Akira O’Connor dan Chris Moulin dari University of Leeds dalam menciptakan sensasi deja vu melalui hipnosis. Para partisipan pertama-tama diminta untuk mengingat sederetan daftar kata-kata. Kemudian mereka dihipnotis agar mereka ‘melupakan’ kata-kata tersebut. Ketika para partisipan ini ditunjukkan daftar kata-kata yang sama, setengah dari mereka melaporkan adanya sensasi yang serupa seperti dejavu, sementara separuhnya lagi sangat yakin bahwa yang mereka alami adalah benar-benar deja vu. Menurut mereka hal ini terjadi karena area otak yang terkait dengan familiaritas diganggu kerjanya oleh hipnosis.

Siapakah Hacker dan Cracker?



Selama ini kita kesulitan kan membedakan mana hacker dan mana cracker? Dan Siapakah hacker dan cracker itu sebenarnya? ini dia infonya.

(Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan bisa memodifikasi atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer (program komputer) dan perangkat keras komputer, administrasi dan lainnya, terutama keamanan.

Selain itu, hacker juga sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Hacker juga bisa dikategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya.

Sedangkan cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sistem yang dimasuki seperti : pencurian data, penghapusan, dan lainnya.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an di antara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Kemudian pada tahun 1983, istilah hacker berubah menjadi negatif. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertamakalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 adalah kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut sebagai hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorian Solan-Kettering hingga komputer milik laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelakuk tersebut mendapat kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapat hukuman masa percobaan.

Hacker mempunyai konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat dengan perbedaan istilah antara hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa bahwa hacker yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu, seperti menyisipkan kode virus dan mencuri sebuah data transaksi penting, dan lain sebagainya. Padahal mereka adalah cacker. Cracker menggunakan celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak sebuah sistem. Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami dibagi menjadi 2 golongan White Hat Hackers yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.

Nah dengan penjelasan di atas dapat diketahui mana hacker dan cracker itu sebenarnya.

Gaya Rambut Panjang Terbaik Sepanjang Masa

Rambut panjang dianggap selalu terlihat cantik karena dengan sempurna menunjukkan sisi feminin para wanita. Inilah gaya rambut panjang terbaik sepanjang masa.

Evelyn Nesbit
Eveyln Nesbit
Super model dan aktris fenomenal di zaman sebelum Raphaelite kelahiran Amerika ini mempopulerkan gaya rambut kepang di belakang dengan sedikit twist berputar di ujungnya sejak awal tahun 1900-an!

Veronica Lake
Veronica Lake
Gaya rambut peek-a-boo aktris dan model fenomenal di tahun 40-an ini dikopi semua wanita Amerika. Uniknya, pekerja pabrik di jaman itu tidak diperbolehkan menata rambutnya seperti ini, karena rambutnya akan mengganggu pandangan saat mengoperasikan mesin-mesin berat.

Brigitte Bardot
Brigitte Bardot
Di awal tahun 60-an, gaya rambut panjang berlayer pada bagian atas dengan sentuhan gelombang menjadi fenomena. Terima kasih kepada Brigitte Bardot yang mempopulerkan gaya ini.

Stevie Nicks
Stevie Nicks
Dikenal dengan poni rambut dan layer pada bagian samping dengan gelombang yang manis, vokalis grup band Fleetwood Mac ini sukses menjadi trendsetter di tahun 70-an.

Cher
Cher
Masih di tahun 70-an, penyanyi yang dianggap sebagai Dewi Musik Pop ini menginspirasi kaum hippie dengan tata rambut lurus dan belah tengahnya.

Jerry Hall
Jerry Hall
Di tahun 1980, supermodel Amerika Jerry Hall mempopulerkan model rambut panjang yang tebal dan mengembang. Pesonanya sampai membuai vokalis band rock legendaris The Rolling Stones, Mick Jagger.

Whitney Houston
Whitney Houston
Menurut Anda mana yang lebih fenomenal di tahun 1987? Tata rambut Whitney yang keriting dan mengembang atau suaranya yang indah?

Julia Roberts
Julia Roberts
Awal tahun 90-an ditandai dengan penampilan apik Julia Roberts di film "Pretty Woman". Kesuksesan film tersebut diiringi fenomena model rambut yang diaplikasikan Julia; ikal yang mengembang dan terlihat seksi.

Shannen Doherty
Shannen Doherty
Di tahun 1992, aktris serial "Beverly Hills, 90210" ini mengaplikasikan tata rambut unik di bagian atas dengan sentuhan poni pada bagian depannya. Pemeran Brenda Walsh ini nampak cantik dengan gaya rambutnya.

Mariah Carey
Mariah Carey
Lewat panggung-panggung dan berbagai video klipnya, diva fenomenal tahun 90-an ini mempopulerkan tata rambut lurus ber-layer, yang juga jadi inspirasi rambut lurus di era tersebut.

Gisele Bundchen
Gisele Bundchen
Model cantik asal Brasil ini mempopulerkan gaya ombre yang super cantik. Rambut panjangnya juga diberi sentuhan poni yang melintang di bagian depan.

Sarah Jessica Parker
Sarah Jessica Parker
Pada Emmy Awards tahun 2000, bintang serial "Sex & The City" ini mengenakan gaya rambut sebahu dengan sedikit ikatan pada bagian belakang dan twist ikal menguntai di bahunya. Makin terlihat sempurna dengan gaun Oscar de la Renta-nya.

Gwyneth Paltrow
Gwyneth Paltrow
Tampilan rambut ber-volume dengan sedikit kesan acak milik Gwyneth Paltrow ini menjadi pilihan wanita untuk tampil chic di berbagai kesempatan.

Beyoncé
Beyoncé
Dipengaruhi gaya rambut Victoria Lake, Beyonce menunjukkan gaya rambutnya ini pada momen Grammy Awards 2007 lalu.

Blake Lively
Blake Lively
Bintang serial "Gossip Girl" ini menggabungkan kepang ekor kuda dengan ponytail yang membuatnya dianggap sebagai orang yang memiliki rambut terkeren se-Hollywood.

10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Manga

Kalian pasti pernah dong membaca Manga? Yap, Manga adalah komik yang berasal dari Jepang. Sekarang sudah banyak media online yang menawarkan manga gratis berupa download ataupun baca online jika belum mampu membeli fisiknya. Dan kalau sudah baca manga, pasti Sonik penasaran kan dengan film atau animenya? Berikut  beberapa film terbaik yang diadaptasi dari manga :

1. Ichi the Killer
 
Ichi adalah sebuah judul seri manga yang terbit pada 1998 hingga 2001.  Tokoh utamanya benama sama dengan judul manganya, Ichi, yang digambarkan sebagai pribadi pendiam dan pengecut. Namun semua itu berubah ketika ia marah, Ichi berubah menjadi pembunuh berdarah dingin. Cerita berawal dari tokoh yang bernama Jijii yang memanipulasi ingatan Ichi dengan mengimplan kenangan palsu. Dengan begitu, Jijii bisa membangkitkan amarah Ichi untuk menyerang dan mengalahkan Yakuza agar ia sendiri berkuasa.
Film ini mendapat respon positif dari para kritikus film. Respon serupa ditunjukan para penonton dengan mendapat rating sebesar 7,1 dari 10 rating yang ada di Internet Movie Database dan 82% respon positif di rottentomatoes.com. Sonik harus mengumpulkan keberanian jika ingin menonton film ini, karena banyak adengan berdarah-darahnya. Hiiiiii…..

2. Speed Racer
Speed Racer terkenal hingga ke seluruh dunia ketika serial kartun atau animenya munsul pada tahun 1968. Dan pada 2008, Wachowski bersaudara mencoba mengangkat kepopuleran “Speed Racer” kembali dengan mengangkatnya ke sebuah film. Speed Racer menceritakan kisah tentang seorang pemuda yang bernama Speed, berjuang di lintasan balap mobil untuk mengungkap kejahatan dan korupsi di dalam Grand Prix ini. Kecerdikan dan kegigihan Speed harus diuji ketika harus melawan Rex, kakaknya sediri yang terperangkap konspirasi.
Diproduseri oleh Joel Silver yang terkenal, Speed Racer memenagkan Piala Oscar sebagai Desain Efek Terbaik. Film ini juga masuk dalam kategori 25 Film Olah raga terbaik sepanjang masa. Namun keberhasilan itu tidak diikuti oleh keuntungan dalam penghasilan film. Film yang menghabiskan dana  sebesar $ 120 Juta, hanya bisa meraup keuntungan sebesar $ 115 Juta.

3. Shogun Assasin
Shogun Assasin adalah film dirilis pada 1980 ini di, diadaptasi dari manga berjudul Lone Wolf dan Cub yang terbit pada 1970. Film ini berkisah tentang seorang Samurai yang diburu oleh Shogun. Istrinya terbunuh, namun Sang Samurai berhasil selamat dengan Kiri, anaknya yang baru berumur 3 tahun. Samurai menjadi pembunuh bayaran untuk menhidupi anaknya sampai ia  bisa membalaskan dendamnya terhadap Shogun.
Didalam dfilm ini terda[at banyak unsur kekerasan, sehingga sempat dilarang tayang di Inggris. Barulah dengan sedikit mengedit beberapa adegan, film ini bisa kembali tayang pada tahun 2000. Film Shoghun Assasin juga membuat trend perfilman berubah, Contohnya film garapan Quentine Tarantino  yang bejudul Kill Bill yang banyak terinspirsai dari film tersebut.

4. Astro Boy
Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Toby yang terbunuh oleh robot perang ciptaan ayahnya sendiri. Ayah Toby yang merasa kehilangan membuat kloning robot Toby dan mengunakan beberapa helai rambut untuk menanamkan DNA dan kenangan yang menyebabkan robot ini bisa berfikir layaknya manusia biasa. Toby terus berjuang mencari jati diri, dan akhirnya ia haru berjuang melawan pejabat pemerintah yang korup dan ingin menguasai dunia.
Film yang diadaptasi dari manga Astro Boy terbitan tahun 1951 ini sama halnya dengan film Speed Racer, film ini tidak terlalu sukses di Amerika. Berbeda dengan di China, Astro Boy berhasil mencetak rekor box office untuk kategori film animasi. Meskipun tidak meledak dipasaran, film ini menerika review yang positif dari para kritikus.

5.  Death Note
Seri Manga ini pertama kali diterbitkan pada 200. Lalu pada 2006 diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama, Death Note. Film ini berkisah tentah seorang siswa SMA bernama Light yang menemukan buku supranatural. Buku ini bisa membuat siapaun mati jika menuliskan namanya di buku tersebut. Awalnya buku yang berasal dari dewa kematian yang bernama Ryuk ini digunakan Light untuk membunuh para penjahat. Kejadian semakin rumit ketila detektif yang berinisial L yang dianggap sebagai detektif terbaik di dunia, mulai mencium sesuatu yang aneh. Light sadar bahwa ia adalah target dari detektif L, yang sudah curiga dengan kematian-kematian para penjahat di Jepang.
Death Note memuncaki box office di Jepang pada 2006 dengan pengasilan bersih sebesar $ 41 Juta. Film ini juga dirilis Amerika secara terbatas. Namun pada 2009 pihak Warner Bros sudah memperoleh hak cipta dan mengumumkan pada 2011, bahwa mereka akan me-remake film tersebut. Gosipnya tokoh Light akan diperankan oleh Zac Efron. Hampir 14.000 pengguna di Internet Movie Database meberikan rating 7.8, cukup mengagumkan bukan?.

6. Azumi
Manga Azumi dipasarkan pada tahun 1994. Azumi adalah perempuan muda yang memiliki bakat bela diri dan didakwa bersalah atas pembunuhan panglima perang yang mengancam perdamaian dunia. Tokoh Azumi menggambarkan sifat pencerah dan kebebasan dari keterikatan pada benda yang bersifat duniawi. Dia berdiri kontras denga para pembunuh lainya yang hanya mengejar harta dan  kekuasaan.
Film adaptasi dari manga ini pertama kali dirilas pada 2003, menyusul kemudian sekuel keduanya pada 2005. Pada 2006, film Azumi dirilis di Amerika Serikat meski pasaranya terbatas. Meskipun mendapat kritikan dari pemgamat film, Azuma berhasil penghargaan dari Academy Award Jepang pada 2004, Festival Film Internasional Boston dan Festival Film Philadelphia di Amerika Serikat.

7. Ruroni Kenshin
"Rurouni Kenshin" berkisah tentang samurai bernama Kenshin Himura yang hidup bertahun-tahun sebagai pembunuh. Samurai yang punya codet berbentuk "X" di pipinya itu dikenal sebagai "Battousai" alias si pembantai.Kenshin ingin bertobat, melupakan masa lalunya yang kelam dan berjanji tidak akan melenyapkan nyawa orang lagi.
Film adaptasi live-action Rurouni Kenshin yang disutradarai oleh Keishi Ootomo berdasarkan manga karya Nobuhiro Watsuki telah ditonton lebih dari 2 juta kali selama 27 hari pemutarannya di Jepang. Film ini juga telah meraup keuntungan lebih dari 2,5 miliar yen (sekitar 32,1 juta dolar) hingga tanggal 21 September kemarin. Saat pemutaran perdananya pada tanggal 25 Agustus lalu, film ini berhasil melakukan debut di peringkat pertama, dan kini peringkat film ini telah turun ke peringkat ke-4 untuk akhir pekan tanggal 22-23 September kemarin.

8. Ghost in The Shell
Manga Ghost in the Shell diterbitkan pada 1989 hingga 1997, kemudian diadaptasi dengan judul yang sama pada 1994. Film ini berkisah tentang seorang perwira yang bertugas untuk melacak dan menangkap hacker misterius yang dikenal sebagai The Puppet Master pada tahun 2029. Ia bekerja sama dengan wanita cybrorg yang tidak memiliki sel otak namun memiliki “Hantu” di dalam tubuhnya, untuk mengungkap konspirasi pemerintah yang luas yang lebik pelik dan The Master Puppet.
Film adaptasi ini mendapat pujian pada saat itu karena berhasil menyatukan teknik komputerisadi dan animasi.  Bebarapa tokoh sutradara seperti Wachowski bersaudara dan James Cameron (sutradara fim Titanic dan Avatar) memuji film ini dan menyatakan minatnya untuk berkerja sama.

9. Old Boy
Old Boy adalah serial manga yang beredar pada tahun 1996 hingga 1998. Lalu manga ini diadaptasi menjadi sebuah film di Korea Selatan yang dirilis pada 2003. Film ini meraih sukses penghargaan Grand Prix di Festical Film Cannes, Perancis dan menerima pujian dari sutradara terkenal Quentine Tarantino. Mendapat banyak pujian, film terlaris kelima di Korea Selatan pada 2003 ini tidak mendapatkan kessuksesan di Box Office, Amerika. Namun sedikit terobati dengan meraup untung bersih sebesar $ 15 juta dari penjualannya seluruh dunia.
Film ini berkisah tentang seorang tokoh bernama Oh Dae-su yang diculik dan dimasukan kedalam sel isolasi tanpa penjelasan. Sebelum dipenjarakan, ia dituduh menjadi tersangka utama atas pembunuhan istrinya. Di dalam sel ia berlatih dengan memukulkan tangannya ke dinding dan belajar shadowboxing. Setelah 15 tahun, ia berhasil menggali dinding untuk kabur. Namun tiba-tiba ia tersadar dan menemukan dirinya berbaring di atap gedung dengan pakaian mengenakan setelan jas. Lalu ia bertekad memburu orang-orang yang berkaitan dengan penculikan dan pembunuhan istrinya untuk mengelahui motif serta membalas dendam.

10. Princess Mononoke
Latar belakang film ini berkisah tentang seorang prajurit muda bernama Ashitaka yang berjuang untuk melindungi desanya dari serangan iblis. Namun ditengah perjuangannya ia tertimpa sebuah kutukan yang mengaruskannya melakukan perjalan ke Hutan Barat untuk melenyapkan kutukan tersebut. Di Hutan Barat, ia menemukan situasi yang pelik saat The Lady Eboshy yang ambisius bersama klan setianya berperang melawan para dewa hutan dan seorang wanita muda pemberani, Princess Mononoke yang dibesarkan oleh dewa serigala.
Film yang berjudul aslinya Mononoke-hime dibuatkan versi bahasa Inggris dan berhasil meraup keuntungan bersih sebesar $ 148 juta dari penjualannya diseluruh dunia. Di situs imdb.com mendapatkan rating sebesar 8,4 dari 10 dari 113,547 pengguna internet.