Jumat, 15 Februari 2013

10 Perupa yang Diabadikan di Logo Google

Sejak tahun 2002 silam , Google telah memberikan penghormatan untuk ke-25 orang besar dalam sejarah dunia, melalui berbagai versi logo Google, yang di tampilkan keseharian dalam homepage-nya. Mereka yang diabadikan ditampilkan dengan berbagai rupa dan bentuk kreatif yang disesuaikan dengan tokoh yang bersangkutan. Berikut tampilan 10 perupa yang diabadikan di logo google:

1. Leonardo da Vinci
 

Leonardo da Vinci adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe “manusia renaisans” dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.

2. Michaelangelo 
 

Michaelangelo atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance. Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Kapel Sistina.

3. Vincent van Gogh
 

Vincent Willem van Gogh adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Pada akhir hidupnya, ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis. Di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, dia tetap melukis.

4. Diego Velázquez 
 

Diego Rodríguez de Silva y Velázquez sering disebut Diego Velázquez, adalah pelukis Spanyol terkemuka pada masa raja Philip IV. Ia adalah seniman kontemporer pada periode Barok yang dikenal sebagai pelukis potret. Dua kunjungannya ke Italia, sebagai utusan dari kerajaan Spanyol, terdokumentasi dengan baik. Di samping lukisan-lukisan tokoh historis dan pemuka budaya, ia juga menciptakan banyak lukisan dari anggota kerajaan Spanyol dan tokoh-tokoh Eropa pada zamannya, yang mencapai puncaknya pada lukisan masterpiece-nya, Las Meninas (1656).
Pada awal abad ke-19, karya-karya Velázquez dijadikan model bagi pelukis-pelukis aliran realis dan impresionis, terutama Édouard Manet. Sejak saat itu, banyak pelukis modern, termasuk Pablo Picasso and Salvador Dalí, memberikan penghormatan terhadap Velázquez dengan mencipta ulang beberapa karya terkenalnya.

5. Pablo Picasso
 

Pablo Ruiz Picasso adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

6. René Magritte (1898-1967)
 

René Magritte adalah seniman surrealist Belgia, yang terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur. Existensinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.

7. Marc Chagall (1887-1985)
 

Marc Chagall adalah seorang seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad duapuluh. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.

8. Edvard Munch (1863-1944)
 

Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionis-nya adalah Edvard Munch. Lukisannya The Scream adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai tema logo). Sososknya ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.

9. M. C. Escher (1898-1972)
 

M. C. Escher merupakan seniman grafis asal Belanda, terkenal dengan image mathematic inspiratif-nya tentang konstruksi-konstruksi yang mustahil dan figur-figur geometris. Sosok dan exsistensinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Juni 2003.

10. Piet Mondrian (1872-1944)
 

Nama lengkapnya Pieter Cornelis “Piet” Mondriaan, dia adalah pelukis Belanda dan seorang kontributor penting terhadap gerakan seni abstract De Stijl yang didirikan oleh Theo van Doesburg. Dia memperkenalkan bentuk non-representasional yang disebutnya Neo-Plasticism.

Tambahan:

11. Andy Warhol (1928-1987)
 

Seniman dan ilustrator asal Amerika dan seorang figur terkenal di dalam Gerakan Pop Art tak lin dan tak bukan adalah Andy Warhol. Sebagai tambahan terhadap banyak karya seni nya, ia juga terkenal untuk menjadi pencetus konsep “15 minutes of fame”. Karyayang mewakili dirinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Agustus 2002.

5 Tempat Menyeramkan di Perancis

Masyarakat dunia mengenal Perancis, sebagai negara yang pertama kali mengusung demokrasi. Kemudian ada pula yang mengenalnya karena Menara Eiffel dan orang-orangnya yang terkesan intelek dan romantis. Padahal di Perancis terdapat banyak tempat yang menyimpan cerita misteri dan sejarah yang kelam. Berikut  5 tempat menyeramkan di Perancis:

1. Gardens of Versailles
http://images.nationalgeographic.com/wpf/media-live/photos/000/627/cache/versailles-gardens-france_62755_990x742.jpg
Sosok Marie Antoinette adalah ikon Perancis di masa lalu, ia adalah Ratu Perancis yang dipenggal di masa Revolusi Perancis. Di era modern sosoknya diabadikan oleh para seniman pop dunia dan sejarah. Banyak yang mengatakan Marie berada di tempat dan waktu yang salah, akibatnya para revolusioner yang marah memenggalnya tanpa ampun. Dan menurut kabar yang beredar sosok Marie Antionette masih sering terlihat bergentayangan di taman Chateau Versailles. Menyeramkan bukan?

2. Château de Versailles
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a1/Ch%C3%A2teau_de_Versailles%2C_aile_du_Nord_vue_des_appartements_de_la_Pompadour_-_DSC_0512.jpg/800px-Ch%C3%A2teau_de_Versailles%2C_aile_du_Nord_vue_des_appartements_de_la_Pompadour_-_DSC_0512.jpg
Château de Versailles atau Kastil Versailles merupakan salah satu kastil yang paling menyeramkan dan dihantui di Perancis. Berdasarkan cerita yang beredar, masyarakat di sekitar kastil sering melihat berbagai penampakkan. Ketika istana ini dibangun, Versailles hanyalah sebuah desa di pinggiran kota Paris. Kendati demikian, Versailles sempat menjadi pusat kekuasaan politik Perancis, sejak 1682, ketika Louis XIV pindah dari Paris, hingga keluarga kerajaan dipaksa pindah untuk kembali ke ibukota pada Oktober 1789. Kastil ini akan terlihat lebih menyeramkan ketika sore dan malam hari tiba.

3. Basilica du Bois-Chenu
http://us.123rf.com/400wm/400/400/berndkoecher/berndkoecher1108/berndkoecher110800023/10260828-basilique-du-bois-chenu.jpg
Basilica at Le Bois-Chenu Domremy merupakan gereja yang dibangun untuk menghormati Joan of Arc, seorang pejuang perempuan yang ditakuti oleh bangsa Inggris. Joan memimpin bangsanya untuk melawan penjajahan Perancis, dan merebut kembali tanah yang dirampas. Namun Joan kemudian ditangkap dan dibakar karena dianggap sebagai sebagai seorang penyihir. Doremy adalah desa tempatnya dilahirkan, maka dibangunlah gereja untuk menghormatinya. Namun kisah seram kerap kali terdengar, seperti terjadi penampakan hantu dan mahluk misterius di sekitar gereja.

4. Mont St. Michel
http://3.bp.blogspot.com/_LlYR7L4H1CY/TFs7DsnDmjI/AAAAAAAAC3M/LgS2PaQnQUU/s1600/galerie-membre,france-mont-saint-michel,mt-saint-michel.jpg
Kastil indah dan mengaggumkan ini terletak di sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar 1 kilometer dari pesisir utara Perancis, atau tepatnya di mulut sungai couesnon, dekat Avranches. Kastil bernama Mont Saint Michel ini,  awalnya terhubung dengan daratan utama melalui sebuah jembatan darat alami yang tipis. Pada saat air laut pasang, jembatan alami ini tertutup dan baru terlihat ketika air surut.
Sebelum pembangunan pertama pada abad 8, pulau ini disebut Mont Tombe. Menurut legenda, malaikat menampakkan diri kepada Uskup Avranches, Saint Aubert. Saat itu, malaikat memerintahkan untuk membangun sebuah gereja di pulau tersebut. Dan kisah itu berlanjut hingga masa modern, beberapa orang mengatakan pernah melihat penampakan sosok misterius St. Michel. Wuiiihh serrrrrraaaammmmm!

5. Kastil Brissac
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b3/Castle_Brissac_2007_02.jpg/756px-Castle_Brissac_2007_02.jpg
Kastil yang satu ini terletak di Lembah Loire, direnovasi pada abad ke-17 dan diberinama Kastil Brissac. Kastil ini merupakan kedua setelah Versailles yang dikabarkan banyak hantunya. Selain usia bangunan yang tua, lembab, di kastil ini banyak terjadi berbagai peristiwa menyeramkan. Maka tak heran jika menurut masyarakat sekitar sering terjadi penampakkan.
 

26 Orang terkenal yang dirayakan oleh Google

Sejak tahun 2002, Google International telah memberi penghormatan kepada 26 orang bersejarah dengan mengubah versi logo Google, dan ditampilkan seharian pada homepage Google di seluruh dunia. Berikut daftar 26 orang terkenal yang kelahirannya dirayakan oleh Google.

1. Samuel Morse
(1791 – 1872) Seorang pembuat enkoding listrik yang sangat terkenal karena penemuanya.

Ditampilkan di homepage Google pada tanggal 27 April 2009

2. René Magritte
(1898-1967) Seniman surrealist Belgia, terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.

3. Marc Chagall
(1887-1985) Seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad 20.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.

4. Diego Velázquez
(1599-1660) Seniman pelukis dan potret asal Spanyol, banyak dari lukisan terkenalnya diabadikan dari makna budaya dan sejarah, raja-raja serta figur-figur orang Eropa terkemuka sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Juni 2008.

5. Walter Gropius
(1883-1969) Arsitek Jerman, pendiri dari Bauhaus dan pelopor arsitektur modern.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 18 Mei 2008.

6. Alexander Graham Bell
(1847-1922) Ilmuwan dan penemu terkenal, diantaranya menemukan telepon.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008.

7. Luciano Pavarotti
(1935-2007) Penyanyi opera Italia, bagian dari “The Three Tenors” dan salah satu penyanyi paling terkenal di dunia.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Oktober 2007.

8. Yuri Gagarin
(1934-1968) Cosmonaut Soviet yang merupakan manusia pertama di ruang angkasa dan orbit bumi

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 April 2007.

9. Edvard Munch
(1863-1944) Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionisticnya. Lukisannya "The Scream" adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai thema logo ).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.

10. Sir Arthur Conan Doyle
(1859-1930) Pengarang Inggris yang terkenal dengan roman-romannya tentang Sherlock Holmes, salah satu dari tokoh-tokoh imaginasi yang paling terkenal sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 22 Mei 2006.

11. Percival Lowell
(1855-1916) Ahli falak Amerika diantaranya terkenal karena studinya tentang Mars dan pendiri dari Lowell Observatory, yang setelah kematiannya menemukan Pluto.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Maret 2006.

12. Wolfgang Amadeus Mozart
(1756-1791) Dari Austria. Memiliki bakat yang luar biasa dalam bermusik dan salah satu dari komposer-komposer klasik paling populer sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 27 Januari 2006.

13. Martin Luther King Jr.
(1929-1968) Salah satu Pemimpin Amerika paling terkenal berdarah Afrika-Amerika, mungkin lebih terkenal sebagai symbol perlawanan terhadap perbedaan ras. Ia juga peraih penghargaan Nobel perdamaian.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Januari 2006. Dan selalu ditampilkan pada setiap Hari Martin Luther King Jr. (16 January).

14. Louis Braille
(1809-1852) Pencipta dari braile, yang digunakan sebagai sistem baca-tulis untuk orang buta atau orang yang lemah penglihatan (Ia sendiri buta).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 4 Januari 2006.

15. Frank Lloyd Wright
(1867-1959) Arsitek dan interior design Amerika. American Institute of Architecture menyebutnya sebagai “arsitek terbesar Amerika sepanjang waktu”.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 8 Juni 2005.

16. Leonardo da Vinci
(1452-1519) Orang Italia serba bisa, melakukan hal-hal yang luar biasa bekerja sebagai seorang ilmuwan, insinyur, pencipta, ahli ilmu urai tubuh, pelukis dan banyak lagi. Sering disebut sebagai manusia archetypal Renaissance. Salah satu orang paling berbakat yang dikenal secara luas sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 15 April 2005.

17. Vincent van Gogh
(1853-1890) Seniman Impressionist dari Belanda dan pelopor Expressionisme. Dan ya, ia memotong telinganya sendiri.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 30 Maret 2005.

18. Ray Charles
(1930-2004) Penyanyi dan pemain piano musik soul Amerika. Majalah Rolling Stone menempatkannya pada ranking 2 dari daftar 100 penyanyi terbesar sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 23 September 2004.

19. Gaston Julia
(1893-1978) Ahli matematika asal Prancis, pencetus formula Julia set, yang digunakan dalam hal fractals generating.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Pebruari 2004.

20. Alfred Hitchcock
(1899-1980) Sutradara dan produser film asal Inggris, pelopor genre ketegangan psikologis. Salah satu pembuat film yang terkenal sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Agustus 2003.

21. M. C. Escher
(1898-1972) Seniman grafis asal Belanda, terkenal dengan image mathematic inspiratif-nya tentang konstruksi-konstruksi yang mustahil dan figur-figur geometris.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Juni 2003.

22. Albert Einstein
(1879-1955) Ahli fisika Jerman, paling dikenal karena teori relativitas-nya, tetapi memberikan kontribusi besar terhadap berbagai disiplin ilmu. Ia juga penerima penghargaan Nobel fisika. Ia dihormati sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 14 Maret 2003.

23. Michelangelo
(1475-1564) Pelukis, pemahat, arsitek dan insinyur asal Italia. Bersama-sama dengan Leonardo da Vinci, ia sering disebut sebagai manusia archetypal Renaissance (multi talenta).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Maret 2003.

24. Pablo Picasso
(1881-1973) Pelukis dan pemahat berdarah Andalusia-Spanyol. Terkenal (diantaranya) mendirikan gerakan Cubist. Ia juga salah satu orang yang mempunyai nama terpanjang yang pernah ditemui, yaitu: Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Martyr Patricio Clito Ruíz y Picasso.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 25 Oktober 2002.

25. Andy Warhol
(1928-1987) Seniman dan ilustrator asal Amerika dan seorang figur terkenal di dalam Gerakan Pop art. Sebagai tambahan terhadap banyak karya seninya, ia juga terkenal untuk menjadi pencetus konsep “15 minutes of fame”.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Agustus 2002.

26. Piet Mondrian
(1872-1944) Pelukis Belanda dan seorang kontributor penting terhadap gerakan seni abstract De Stijl

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Maret 2002.