Ini Nih Tips Polyglot Belajar Bahasa Asing



Founder Poyglot Indonesia Arra'di Nur Rizal punya sedikit panduan belajar bahasa dengan santai dan menyenangkan. Menurut Rizal tidak ada bedanya belajar bahasa ala Polyglot dengan belajar ala bukan-polyglot.

"Polyglot cenderung untuk fokus ke satu atau dua bahasa sampai dengan level tertentu kemudian mempelajari bahasa yang lain. Yang berbeda mungkin cara menjaga kemampuan berbahasa. Disini manajemen waktu dan seringnya latihan bahasa-bahasa yang sudah kita pelajari sangat penting," tuturnya kepada detikcom, Selasa (19/3/2013).

Berikut ini adalah tips-tips supaya dapat berbicara dengan lancar dari teman-teman koordinator Polyglot Indonesia:

-Cobalah mencari sesuatu yang menarik untuk dibicarakan dari budaya dan negara tempat bahasa tersebut dipakai. Sehingga proses belajar menjadi mengasyikkan dan tidak monoton
-Jika malu bercakap-cakap secara langsung bisa menggunakan media internet seperti skype, yang mana kita bisa hanya menggunakan suara saja
-Mulailah becakap-cakap menggunakan kosakata dan struktur yang sederhana.
-Pada saat berbicara dalam bahasa asing, perhatikan gesture dan mimik lawan bicara, karena akan membantu dalam mengkomunikasikan pesannya.
-Percaya diri
-Kita harus ingat bahwa bahasa adalah kemampuan yang akan berkembang jika dipakai terus menerus
-Sering-seringlah berlatih sebisa mungkin dan,
-Tidak takut salah.





Agar percaya diri dalam menggunakan bahasa asing, baiknya meningkatkan kosakata dengan cara menggunakan teknik-teknik seperti ini:

-Mengunakan medium audiovisual seperti TV dan video,
-Mendengarkan live streaming dari radio, mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa asing yang dipelajari
-Menggunakan cara-cara baru untuk menghafalkan kosakata (mindmap, word-flashcards)
-Menggunakan buku gambar khusus untuk kosakata
-Menggunakan cara interaktif dengan games/online programme untuk mempelajari bahasa (mudah, bisa juga dari HP sehari-hari)
-Menggunakan kosakata secara aktif, dalam keseharian, catat ungkapan atau peribahasa yang menarik
-Menggunakan kesempatan menggunakan bahasa asing tersebut dengan orang lain yang mampu berbicara dalam bahasa tersebut
-Semangat dan pantang menyerah.

Rizal mengatakan ada satu lagi cara yang akan 'memaksa' seseorang belajar bahasa asing. Yakni dengan cara tinggal di negara yang bahasanya hendak dipelajari dalam jangka waktu tertentu.

"Sebenarnya cara paling cepat mempelajari sebuah bahasa adalah untuk menetap di negara asing dimana bahasa tersebut digunakan. Dengan cara terpaksa, seseorang akan lebih cepat mengembangkan kosakatanya," katanya.

Saat ditanya soal lama pembelajaran bahasa baru, Rizal mengatakan hal tersebut relatif. Ada orang yang cepat puas diri sehingga langsung mengaku bisa walaupun kosakatanya sedikit, ada juga hal sebaliknya. Setelah itu yang paling tak kalah penting adalah latihan. Orang-orang bilang practice makes perfect.


sumber:http://iniunic.blogspot.com/2013/03/ini-nih-tips-polyglot-belajar-bahasa.html

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori fakta unik aneh / gambar hewan unik / hal yang unik / pengetahuan unik dengan judul Ini Nih Tips Polyglot Belajar Bahasa Asing . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://juriseo.blogspot.com/2013/03/ini-nih-tips-polyglot-belajar-bahasa.html.
Ditulis oleh: Juri Seo Kamis, 28 Maret 2013

Belum ada komentar untuk "Ini Nih Tips Polyglot Belajar Bahasa Asing "

Posting Komentar