Kamis, 14 Maret 2013

10 Kota Indah Di Atas Tebing

Ada banyak arsitektur di dunia ini yang mengagumkan. Salah satunya kota yang berdiri di atas tebing. Tempat seperti ini mengundang sensasi bagi wisatawan yang berkunjung. Sebuah tempat yang membuat kita bisa melihat pemandangan yang jauh di batas cakrawala, atau melihat segala sesuatu begitu kecil yang jauh di bawah kaki kita.

1. Castellfollit de la Roca

Castellfollit de la Roca dianggap sebagai salah satu desa yang paling indah di wilayah Catalonia di Spanyol. Desa ini dibangun di atas tebing basal antara dua sungai. Sebagian besar bangunan tampak melayang di tepi tebing, memberikan ilusi bahwa rumah-rumah tersebut bisa jatuh ke bawah setiap saat. 
Bagian tertua dari desa itu dibangun pada Abad Pertengahan, terdiri dari jalan-jalan sempit dan sudut-sudut gelap. Rumah-rumah di sini terbuat dari batu vulkanik. 

2. Rocamadour

Rocamadour adalah sebuah desa kecil yang dibangun di atas ngarai di Sungai Alzou di barat daya Perancis. Bangunan di Rocamadour mengundak secara bertahap sampai sisi tebing. Desa yang dibangun pada abad ke-12 ini menjadi sepi akibat perang dan Revolusi Perancis. 

Saat ini Rocamadour kembali populer oleh turis dan peziarah yang datang untuk menghormati Santo Amadour. Menurut legenda, orang suci ini menjadi saksi atas kematian Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma. Ia kemudian melakukan perjalanan ke lokasi ini dan menjadi seorang pertapa. 

3. Bonifacio

Bonifacio adalah sebuah kota yang terletak di ujung selatan pulau Corsica. Kota dan benteng di kota ini berjajar memanjang di sepanjang puncak tebing, yang berada di ketinggian sekitar 70 meter. Tebing ini bagian bawahnya semakin lama semakin terkikis oleh lautan sehingga bangunan yang terdapat di bibir jurang, seperti tampak menggantung. 

Jika kita melihat kota ini dari laut, kota tampak putih berkilauan di bawah sinar matahari dan seolah menggantung di atas air. 

4. Acapulco

Acapulco adalah kota resort di Meksiko yang terkenal sejak tahun 1950-an sebagai tempat liburan untuk para bintang Hollywood dan para milyarder. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Acapulco tanpa menonton penyelam melakukan lompatan mengesankan dari atas tebing ke dalam air dangkal yang tentu sangat berbahaya. Para penyelam seperti ini telah melakukan hal tersebut sejak tahun 1930-an.


5. Mesa Verde

Mesa Verde terletak di barat daya Colorado, dan terkenal karena terdapat rumah-rumah tebing dari orang Anasazi kuno. Mesa Verde merupakan temuan arkeologi paling signifikan dari budaya asli Amerika di Amerika Serikat. 

Pada abad ke-12, orang-orang Anasazi mulai membangun rumah-rumah di gua-gua dangkal di bawah tebing batu yang menggantung di atasnya di sepanjang dinding ngarai. Rumah yang paling terkenal di sini disebut Cliff Palace dan Rumah Spruce Tree. 
Pada tahun 1300, semua orang Anasazi telah meninggalkan daerah Mesa Verde, namun reruntuhan rumah-rumah ini tetap terawetkan dengan hampir sempurna. Alasan untuk kepergian mereka yang tiba-tiba mereka tidak terjelaskan. Tetapi ada teori yang menduga bahwa hal tersebut diakibatkan karena kegagalan panen saat kekeringan melanda. Teori lain menyebut disebabkan oleh serangan suku lainnya dari Utara. 

6. Bandiagara

Bandiagara adalah sebuah tebing batu pasir yang terletak di Dogon, Mali. Bandiagara terletak hampir setinggi 500 meter dari dataran berpasir di bawahnya.

Tebing di sini banyak terdapat gua kuno tempat tinggal orang-orang Tellem. Orang-orang Tellem ini memahat gua mereka di tebing ini agar ketika mereka mati, mereka bisa dikubur tinggi di atas banjir yang sering melanda daerah ini. Mereka juga membangun puluhan desa di sepanjang tebing di atas gua-gua ini.
Pada abad ke-14, orang-orang Dogon mengusir orang-orang Tellem dan mereka menempati daerah ini sampai sekarang. 

7. Ronda

Ronda terletak di provinsi Malaga di Spanyol. Ronda terletak di pegunungan pada ketinggian 760 meter. Kota ini terbagi dua oleh Sungai Guadalevin yang mengalir melalui Ronda. Ada tiga jembatan yang digunakan untuk menyeberangi ngarai sehingga bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi lain kota Ronda. 

Arsitektur kota ini menerima pengaruh dari bangsa Romawi dan Moor yang pernah memerintah daerah ini. Ronda juga merupakan tempat kelahiran adu banteng. Arena tempat adu banteng tertua di Spanyol masih ada di Ronda sampai saat ini. 

8. Al Hajjara

Al Hajjara, adalah sebuah kota bersejarah yang berdiri di atas tebing di Pegunungan Haraz, dan terletak di sebelah barat kota Manakhah, Yaman. Kota ini adalah salah satu dari kota-kota pegunungan yang paling mengesankan dan paling mudah diakses di Yaman. Kota ini benar-benar dibangun dengan blok batu yang diambil dari tambang batu di gunung terdekat. Al Hajjara sendir berasal dari abad kedua belas. 

9. Positano

Positano adalah sebuah kota kecil yang terletak di Pantai Amalfi di Compania dan merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Italia. Kota ini tampak tersebar di sebuah tebing dari atas sampai bawah menuju pantai.

Meskipun kota ini didirikan dan berkembang pada abad pertengahan, pada pertengahan abad 19, lebih dari setengah penduduknya telah pergi dari kota ini. Pada abad ke-20, kota ini berubah dari sebuah desa nelayan yang miskin menjadi daerah tujuan wisata yang sangat populer berkat penulis John Steinbeck yang memuji keindahannya. 

10. Santorini

Santorini adalah sebuah pulau vulkanik di gugusan pulau-pulau di Cyclades, Yunani. Pulau ini terkenal dengan pemandangan yang indah, matahari terbenam yang menakjubkan, rumah-rumah berwarna putih bersih, dan gunung berapi aktifnya. Di pulau ini terdapat Kota Oia di atas tebing setinggi 400 meter.

6 Bintang Sepak Bola yang Pernah Menjadi Model Pakaian Dalam

Wajah mereka dinilai tampan serta tubuhnya dianggap seksi. Para bintang sepak bola ini pun dikontrak untuk berpose hanya dengan menggunakan pakaian dalam di depan kamera. Siapa saja yang pernah?

1. Fabio Cannavaro
model
Fabio Cannavaro bersama beberapa pemain timnas Italia pernah berpose seksi untuk Dolce and Gabanna. 
Fabio Cannavaro menjadi kapten Italia saat Gli Azzuri menjadi juara Piala Dunia 2006. 

2. Cristiano Ronaldo
model
Cristiano Ronaldo dan kekasihnya, Irina Shayk. CR7 yang punya badan bagus adalah model pakaian dalam Armani.

3. David Beckham
model
David Beckham sudah beberapa kali muncul sebagai model pakaian dalam, salah satunya untuk Armani.

4. Freddie Ljungberg
model
Freddie Ljungberg sempat berpose seksi untuk Calvin Klein.
Ljungberg adalah mantan pemain sayap timnas Swedia dan Arsenal. 

5. Thierry Henry
model
Thierry Henry sempat menjadi model pakaian dalam merek Tommy Hilfiger.

6. Hidetoshi Nakata
model
Hidetoshi Nakata pernah menjadi model pakaian dalam untuk Calvin Klein. 
Nakata adalah mantan gelandang timnas Jepang, AS Roma dan AC Parma.
 
 

10 Skandal Seksual Terbesar Bintang Asia

Selebriti Asia tidak lepas dari catatan kelam. Skandal hitam termasuk skandal seksual sempat mencoreng eksistensi beberapa selebriti ternama tersebut.
Negara-negara di Asia menganut budaya timur, di mana persoalan seks masih merupakan isu sensitif dan cenderung tabu. Begitu skandal mencuat segera saja kasus baik pelecehan seksual, pemerkosaan maupun video asusila yang tidak sengaja beredar menjadi isu yang besar.

1. Skandal Seks Justin Lee

Kasus terbesar yang pernah mencuat melibatkan anak pengusaha Taiwan, Justin Lee. Pria ini disebut melakukan perkosaan terhadap 60 model, selebriti serta beberapa tokoh ternama.
Modus yang dilakukan oleh Justin adalah dengan menggunakan obat tidur sebelum melakukan aksinya. Pria ini mengabadikan kejahatannya tersebut dalam foto dan video.
Kini Justin Lee akhirnya dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.
2. Kasus Bunuh Diri Jang Jayeon

Kasus bunuh diri artis Jang Jayeon menjadi catatan kelam industri entertainment Korea. Dalam pesan yang ia tulis sebelum meninggal, wanita ini menyebut disiksa oleh sang manager, Kim Sung Hoon dan dipaksa melayani orang-orang penting di industri entertainment.
Kasus ini menyeret sejumlah nama penting di Korea seperti mantan CEO Chosun Journal, Chairman dari Lotte, serta beberapa produser dari stasiun TV.

3. Pelecehan Seksual CEO Open World Entertainment

Kasus besar lainnya terjadi di tahun 2012. CEO agensi Open World Entertainment, Jang Suk Woo terlibat kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan dari artis trainee yang ada di agensinya.
Pria ini akhirnya dinyatakan bersalah dan dihukum 6 tahun penjara akibat perbuatannya.

4. Skandal Mantan Member AKB48 Yuka Masuda

Yuka Masuda meninggalkan AKB48 pada bulan November 2012 setelah skandal seksualnya dengan rapper ISSA mencuat. Menurut laporan Masuda sempat menghabiskan malam dengan ISSA secara intim.
Skandal ini semakin rumit karena ISSA saat itu masih terikat pernikahan dengan model Sachiko Fukumoto.

5. Skandal Seksual Edison Chen

Kasus Edison Chen terjadi di tahun 2008 dan terhitung cukup besar. Foto-foto mesranya dengan artis Gillian Chung, Bobo Chan, Rachel Ngan dan Cecilia Cheung tersebar di dunia maya.
Edison Chen akhirnya mengakui bahwa ia pemilik foto-foto tersebut, dan itu merupakan koleksi pribadinya yang dicuri dan dipublikasikan secara ilegal. Aktor ini akhirnya membuat permintaan maaf secara publik dan memutuskan berhenti dari industri entertainment Hong Kong.

6. Kasus Dugaan Pemerkosaan Park Shi Hoo

Kasus terbaru yang terjadi di Korea adalah dugaan pemerkosaan yang dilakukan oleh aktor Park Shi Hoo. Aktor tersebut dituduh memperkosa seorang gadis 22 tahun setelah mereka minum bersama dan mabuk.
Park Shi Hoo sendiri membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa malam yang mereka habiskan bersama adalah karena ketertarikan satu sama lain.

7. Skandal Akimoto Sayaka

Member AKB48, Akimoto Sayaka sempat terlibat rumor skandal seksual dengan Hiroi Ouji (56). Hal ini berawal dari pemberitaan di majalah mingguan Shukan Bunshun yang menyebut Hiroi Ouji menginap di apartemen bintang tersebut.
Namun idol tersebut akhirnya memberi klarifikasi. Ia menyebut pria tersebut adalah sutradara yang ia hormati, dan malam itu mereka terlibat persiapan penampilan Izumi Kyouka.

8. Kasus Katrina Halili (Filipina)

Negara Filipina juga tidak terlepas dari artis yang terlibat skandal seksual. Di tahun 2009, Katrina Halili menuntut Dr Kho setelah video seksual mereka tersebar di internet tanpa sepengetahuannya.
Namun di tahun 2012, pengadilan memutuskan bahwa Dr Kho dianggap tidak bersalah karena bukan dirinya yang menyebarkan video tersebut.

9. Member AKB48, Minami Minegishi Potong Habis Rambut

Satu lagi member AKB48 yang sempat terlibat skandal. Minami Minegishi diberitakan oleh Shunkan Bunshun menghabiskan malam bersama sang kekasih, Alan Shirahama.
Pasca mencuatnya skandal tersebut, Minami meminta maaf secara publik dengan memposting video melalui YouTube. Yang lebih ekstrem adalah gadis tersebut mencukur habis rambutnya sebagai bentuk penyesalan dan usaha agar bisa tetap diterima di AKB48.

10. Kasus Hoang Thuy Linh

Pada bulan September 2007, video porno Hoang Thuy Linh dengan sang kekasih Viet tersebar secara online. Video tersebut sempat diunggah ke YouTube namun segera dihapus.
Namun yang menjadi masalah adalah karena video tersebut telah tersebar melalui forum. Kasus Hoang Thuy Linh ini sendiri akhirnya menjadi skandal seksual terbesar di industri entertainment vietnam.
 
 

10 Fakta Film "Oz the Great and Powerful"

http://www.nerdist.com/wp-content/uploads/2013/03/oz-the-great-and-powerful-banner-poster.jpg
Sam Raimi patut berbangga hati karena “Oz the Great and Powerful” yang disutradarainya berhasil menjadi film blockbuster pertama di tahun 2013. Film ini bercerita mengenai sosok Oscar Diggs yang nantinya menjadi Oz sang penguasa Emerald City.

“Oz the Great and Powerful” memang dibuat dengan dana sekitar $215 juta. Tapi, hal paling sulit yang harus dihadapi Raimi dan timnya justru adalah target penontonnya yang sudah terlebih dulu punya gambaran yang sangat solid mengenai tampilan dari negeri Oz yang ajaib. Bagaimanakah Raimi membangun film fantasi 3D ini dengan visinya sendiri sampai akhirnya menjadi salah satu film dengan debut terbaik tahun ini? Berikut adalah 10 trivia tentang film “Oz the Great and Powerful”:


1. Seluruh penggambilan gambar dari film “Oz the Great and Powerful” dilakukan di Raleigh Michigan Studios (film pertama yang dibuat di studio seluas 62.710 meter persegi itu). Studio yang memiliki tujuh soundstage ini terletak di Pontiac, Michigan. Produksi film “Oz the Great and Powerful” sendiri berlangsung dari tanggal 21 Juli 2011 sampai 19 Desember 2011.

2. Membangun Emerald City serta lokasi-lokasi lain yang krusial dalam cerita “Oz the Great and Powerful” merupakan sesuatu yang rumit. Dalam wawancaranya dengan situs About.com, Raimi sendiri membenarkan bahwa mereka tak punya hak memasukkan hal-hal yang sudah melegenda dari film “The Wizard of Oz” (1939). Karena itu, jangan heran kalau Anda tidak dapat menemukan sepatu ruby merah yang terkenal itu dalam film ini.
“Saya berharap kami dapat menggunakan Emerald City dari The Wizard of Oz yang asli, tapi kami tidak mempunyai hak yang legal untuk melakukan itu, atau menggunakan sepatu ruby merah, atau banyak elemen-elemen ikonis lain dari filmnya yang dirilis di tahun 1939,” kata Raimi. “Tapi, hal itu belakangan tidak jadi masalah karena kami benar-benar berusaha untuk menceritakan kisah kami sendiri. Ini merupakan sebuah cerita asli, dengan penghormatan terhadap film The Wizard of Oz.”


3. Untuk mewujudkan tampilan Oz yang fantastis, Raimi menyerahkan tugas ini pada sang desainer produksi, Robert Stromberg. Dengan rancangan yang baru dan lebih segar, Stromberg menciptakan kembali set legendaris seperti Yellow Brick Road dan Emerald City. Totalnya, ia ditugaskan untuk merancang dan menangani pembuatan 30 set yang sudah mencakup Ruang Takhta di Emerald City, Whimsie Woods tempat Oscar Diggs pertama bertemu dengan Theodora, China Town yang seluruh bangunan dan penghuninya terbuat dari porselen, serta area pemakaman dan sekelilingnya dalam Dark Forest.
Sebelum mengerjakan tugasnya, Stromberg mengusulkan agar Oz digambarkan dengan memanfaatkan set yang dibangun di dalam ruangan untuk mempertahankan sisi fantastis dari negeri ajaib ini. “Banyak proyek lain yang telah saya kerjakan sifatnya lebih virtual. Saya pikir dalam kasus ini, ada alasan yang kuat kenapa saya mengajukan pada Disney dan Raimi agar kita membuat set asli di soundstage. Saya lihat film ini hampir memiliki kualitas sebuah pementasan teater. Kalau kami pergi saja ke luar ruangan dan membangun Yellow Brick Road di sebuah bukit di Irlandia, misalnya, ini tidak akan terasa sama dengan apa yang kita pikirkan mengenai dunia Oz yang fantastis, rasanya akan terlalu nyata,” kata Stromberg dalam catatan produksi filmnya.


4. Sebelum James Franco terpilih memerankan Oscar Diggs, Robert Downey, Jr. dan Johnny Depp telah terlebih dahulu ditawari untuk membawakan karakter ini. Franco akhirnya mendapatkan peran ini setelah ia bertemu dengan Raimi dan menemukan bahwa keduanya memiliki kesamaan visi untuk mewujudkan kisah legendaris yang punya sentuhan baru ini.
“Sebenarnya waktu muda saya sangat suka membaca, dan saya pikir buku-buku pertama yang saya baca sendiri adalah buku-buku Oz dari [L. Frank] Baum, semua empat belas atau lima belas buku yang ditulisnya. Jadi, seperti banyak film yang sudah saya kerjakan, masuk ke dalam dunia ini sangat memuaskan, karena ini dibuat dari material yang dulu saya sukai saat masih kecil,” kata Franco dalam wawancaranya dengan Collider.


5. Untuk melengkapi penampilan Michelle Williams, Rachel Weisz, serta Mila Kunis sebagai tiga penyihir yang kuat, penata perlengkapan veteran Hollywood, Russell Bobbitt, membuat tiga benda penting yang digambarkan sebagai sumber kekuatan mereka. Untuk Theodora, ia membuat sebuah cincin yang bisa membantunya membuat bola api. Saudarinya, Evanora, memiliki sebuah jimat yang membuat jari-jarinya mengeluarkan petir. Glinda, tentu saja mendapat sebuah tongkat yang dapat digunakannya memanipulasi air.
Selain itu, Bobbitt juga memproduksi 5000 koin emas yang digunakan untuk memenuhi ruang harta di menara Emerald City. Bila diperhatikan, satu sisi dari koin ini memiliki gambar Yellow Brick Road, sementara sisi satunya lagi bergambar wajah L. Frank Baum, penulis novel-novel cerita Oz.


6. Referensi pada L. Frank Baum tidak hanya terdapat pada koin emas di Emerald City saja. Di awal film, sirkus tempat Oscar Diggs bekerja dinamai Baum Brothers Circus. Selain itu, asisten Oscar yang diperankan oleh Zach Braff juga dinamai Frank, sesuai nama sang novelis.


7. Ternyata, berperan sebagai Glinda dalam “Oz the Great and Powerful” bukanlah kesempatan pertama bagi Michelle Williams untuk bersentuhan dengan para karakter dari dunia magis ini. Sewaktu kecil, Williams juga pernah terlibat dalam pementasan “The Wizard of Oz”. “Waktu itu saya ikut sebuah pementasan sekolah, atau sebuah pementasan teater komunitas yang memainkan Wizard of Oz, dan saya berperan sebagai munchkin dari Lullaby League.” kata Williams dalam wawancaranya dengan situs Buzzsugar.


8. Pembuatan film “Oz the Great and Powerful” tidak hanya melibatkan ratusan pemeran pembantu yang berperan menjadi manusia biasa. Lebih dari 100 di antara mereka semua ternyata merupakan karakter khusus yang butuh tambahan prostetik. Seniman make-up SFX Greg Nicotero dan Howard Berger pun dilibatkan dalam hal ini untuk merancang dan menyediakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karakter-karakter spesial dalam film ini. Tak hanya para penyihir dan China Girl saja yang mendapat perhatian khusus. Semua Munchkins, Winkies, serta Tinkers juga masing-masing harus ditangani dengan detail.


9. Selain harus didandani khusus, para pemeran pendukung film “Oz the Great and Powerful” ini juga harus diberi kostum khusus yang punya ciri tersendiri, sesuai dengan jenis karakter yang mereka mainkan. Dua desainer kostum, Gary Jones dan Michael Kutsche, harus merancang, menciptakan, dan membuat padanan dari hampir 2000 kostum untuk semua karakter ini. Untuk menciptakan tampilan yang berbeda bagi para penyihir, Munchkins, Quadlings, sampai Tinkers, Jones dan Kutsche harus mencetak dan memanipulasi kain buatan mereka sendiri supaya dapat menghasilkan tampilan yang bervariasi dan sesuai dengan karakteristik spesifik dari masing-masing makhluk penghuni Oz ini.


10. Meski tidak memungkinkan bagi Raimi untuk membuat “Oz the Great and Powerful” sedekat mungkin dengan film “The Wizard of Oz”, ia mampu mengakalinya dengan menggunakan alur bercerita yang dapat kita temukan di film klasik tersebut.
Ketika cerita dimulai di Kansas tahun 1905, film “Oz the Great and Powerful” tampil dalam format film hitam putih dengan rasio layar 5:3 dan suara mono. Ketika Oscar Diggs akhirnya sampai ke Oz, transisi dari suara mono ke 7.1 surround sound pun dimulai. Bersamaan dengan itu, rasio layar pun berubah menjadi 16:7, suara di latar belakangnya pun menjadi semakin besar ketika filmnya perlahan berubah menjadi berwarna dan efek 3D-nya pun terlihat semakin dalam, memperlihatkan lanskap Oz yang megah.

16 Perempuan yang berkuasa

Berikut adalah politisi perempuan yang kini tengah memegang puncak pimpinan tertinggi di negara mereka masing-masing.

Park Geun-hye [Korea Selatan]:
South Korean Park Geun-Hye …
Perempuan berusia 61 tahun ini baru dilantik pada 25 Februari 2013 dan menjadi presiden ke-11 Korea Selatan.

Angela Merkel [Jerman]: 
Merkel Gives Government Declaration …
Perdana Menteri Jerman sejak 22 November 2005 dan menjadi perempuan pertama yang menjabat posisi tersebut.

Helle Thorning-Schmidt [Denmark]: 
Denmark's Prime Minister …
Thorning-Schmidt menjabat Perdana Menteri Denmark sejak 3 Oktober 2011 dan pemimpin Sosial Demokrat sejak 12 April 2005. Dia adalah perempuan pertama yang menjabat kedua posisi tersebut.

Yingluck Shinawatra [Thailand]: 
President Obama Tours Southeast …
Yingluck, 44, menjabat Perdana Menteri Thailand pada 5 Agustus 2011. Dia bukan hanya perdana menteri perempuan pertama Thailand, tapi juga yang termuda dalam 60 tahun.

Ellen Johnson Sirleaf [Liberia]: 
World Leaders Attend UN General …
Sirleaf, adalah Presiden Liberia sejak 16 Januari 2006, mendapat Nobel Perdamaian pada 2011 bersama dengan Leymah Gbowee dari Liberia dan Tawakel Karman dari Yemen karena perjuangan tanpa kekerasan mereka dalam memastikan keselamatan perempuan dan menjaga hak perempuan dalam berpartisipasi membangun perdamaian. Sirleaf adalah kepala negara perempuan pertama yang terpilih di Afrika.

Johanna Sigurdardottir [Eslandia]: 
Council of the Baltic Sea …
Sigurdardottir menjadi perempuan pertama yang menjabat perdana menteri di Eslandia sejak 1 Februari 2009. Ia juga kepala pemerintahan pertama yang terbuka akan orientasi seksualnya sebagai seorang lesbian.

Sheikh Hasina [Bangladesh]: 
Bangladesh Prime Minister …
Anak tertua dari lima bersaudara, putri dari Sheikh Mujibur Rahman, bapak bangsa dan presiden pertama Bangladesh. Sheikh Hasina menjabat perdana menteri sejak 6 Januari 2009; sebelumnya ia menjabat perdana menteri dari 1996 sampai 2001.

Julia Gillard [Australia]: 
Julia Gillard Hosts Community …
Gillard adalah perdana menteri Australia ke-27 dan pemimpin Partai Buruh Australia sejak 24 Juni 2010. Dia adalah perempuan pertama yang menjabat dua posisi tersebut.

Cristina Fernandez de Kirchner [Argentina]: 
Rio  20 -  Day 8
Cristina Kirchner, janda mantan Presiden Nestor Kirchner, menjabat Presiden Argentina sejak 10 Desember 2007. Kirchner adalah presiden perempuan terpilih pertama Argentina, perempuan kedua yang menjabat presiden (setelah Isabel Martínez de Peron, 1974–1976) dan perempuan pertama yang terpilih lagi untuk menjabat.

Portia Simpson-Miller [Jamaica]: 
Reception At Buckingham Palace …
Dia menjabat perdana menteri Jamaika sejak 5 Januari 2012.

Dalia Grybauskaite [Lithuania]: 
Reception At Buckingham Palace …
Menjabat Presiden Lithuania sejak 12 Juli 2009. Grybauskaite adalah kepala negara perempuan pertama Lithuania.

Pearlette Louisy [Saint Lucia]: 
Reception At Buckingham Palace …
Louisy adalah Gubernur Jenderal Saint Lucia. Dia adalah perempuan pertama yang menjabat posisi ini dan disumpah sejak 19 September 1997.

Joyce Banda [Republik Malawi]:
Malawi President Joyce Ba …
Pendiri dan pemimpin People's Party yang dibentuk pada 2011, Banda menjabat presiden Malawi sejak 7 April 2012. Dia adalah seorang pendidik dan aktivis hak perempuan. Dia adalah presiden keempat Malawi, namun presiden perempuan pertama.


Dilma Rousseff [Brazil]: 
UN General Assembly Convenes …
Rouseff adalah perempuan pertama yang menjabat posisi presiden di Brasil. Ia dilantik pada 1 Januari 2011.

Atifete Jahjaga [Kosovo]: 
Kosovo's President Jahjaga …
Jahjaga (lahir 20 April 1975) adalah presiden keempat Kosovo dan mulai menjabat pada 7 April 2011. Bukan hanya ia presiden perempuan pertama, tapi juga presiden non-partisan pertama, dan yang termuda menjabat.

Laura Chinchilla Miranda [Kosta Rika]: 
Costa Rica's President …
Chinchilla, adalah presiden perempuan pertama Kosta Rika, dan menjabat sejak 8 Mei 2010.